Kepolisian Italia berhasil menemukan dua lukisan Vincent Van Gogh yang dicuri dari Museum Van Gogh di Amsterdam pada 2002.
Museum Van Gogh via BBC Indonesia Lukisan berjudul "Pemandangan dari Laut di Scheveningen" ini nilainya ditaksir tak terhingga oleh para ahli.

Karya pelukis ternama itu, menurut polisi, diamankan dari tangan mafia di Napoli.

Vincent van Gogh (1853-1890) dianggap sebagai seniman terbesar Belanda setelah Rembrandt.

Menurut Museum Van Gogh, tempat dua lukisan itu disimpan sebelum dicuri, penyelidik Italia dan sejumlah pejabat yang menangani kejahatan terorganisir menggelar penyelidikan besar.

Hasilnya, aparat berhasil menemukan lukisan-lukisan tersebut. Kedua lukisan itu adalah "Pemandangan Laut di Scheveningen" yang dilukis pada 1882 dan "Jemaat Meninggalkan Gereja di Nuenen" yang dilukis pada 1884.

Karya seni itu dilaporkan dibungkus dengan kain yang disimpan di dalam brankas di sebuah rumah yang terletak di kota pesisir Castellammare di Stabia, dekat Pompeii.

Dua lukisan itu berada di tangan kelompok penjahat yang terjun dalam penyelundupan narkotika.

Pihak berwenang menaksir dua lukisan Vincent van Gogh bernilai 100 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Kedua lukisan dicuri pada 6-7 Desember 2002. Ketika itu, kawanan pencuri membobol museum melalui atap dan kemudian menggunakan palu godam untuk memecahkan jendela di lantai satu gedung museum.

Meskipun sudah ditemukan, Museum Van Gogh mengaku belum tahu pasti kapan karya seniman Belanda itu akan dikembalikan ke Amsterdam.

Namun, pihak museum menegaskan bahwa lukisan dalam "kondisi yang relatif baik".

Para pejabat Belanda dan Italia menyambut baik penemuan ini dan memuji tim penyelidik Italia.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations