Grab mengumumkan jajaran manajemen barunya untuk posisi Presiden. Posisi ini ditempati oleh veteran dari Softbank dan Goldman Sachs, Ming Maa. Nantinya dia akan bermarkas di Singapura. Grab tentu saja memiliki pertimbangan matang manakala menarik Ming.

Rentetan pengalaman Ming menjadi pertimbangan Grab untuk memboyongnya memperkuat manajemen. Lulusan Massachusetts Institute of Technology ini lebih dari 12 tahun menggeluti bidang keuangan dan investasi di segala penjuru Amerika Serikat dan Asia.

"Ming adalah orang yang sangat strategis, dan wawasan yang dimilikinya dari lebih dari beberapa dekade dalam bidang investasi di Amerika Serikat dan Asia akan menjadi nilai tambah yang luar biasa seiring dengan perjalanan kami untuk memperluas kepemimpinan pasar di Asia Tenggara," ujar Anthony Tan, Group CEO dan Co-Founder dari Grab.

Sebagai perusahaan rintisan teknologi digital yang diklaim memiliki pendanaan kuat se Asia Tenggara, Grab masih memiliki keinginan selain menumbuhkan platform transportasi juga mengembangkan GrabPay. GrabPay ini merupakan platform pembayaran dari Grab. Dari sisi pendanaan, perusahaan ini telah meraih pendanaan ekuitas sebesar USD750 juta. Sehingga jumlah total modalnya saat ini lebih dari USD 1 miliar.

"Penunjukan Ming merefleksikan komitmen kami untuk menghantarkan pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan, dan kami sangat senang untuk dapat menyambut Ming bergabung dalam tim kami," jelas dia.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan tim Grab yang penuh dengan talenta, dan untuk dapat memanfaatkan pengalaman saya dalam industri e-commerce dan ride-sharing, untuk membangun kesuksesan Grab, seiring dengan upaya kita untuk menciptakan ekosistem mobile generasi berikutnya di Asia Tenggara," ujar Ming.

Sebelum bergabung dengan SoftBank, Ming merupakan Principal di Ancora Capital Management Pte Ltd yang berbasis di Jakarta. Sebelum bergabung dengan Ancora, antara tahun 2000-2012, Ming merupakan Vice President untuk Merchant Banking Division di Goldman Sachs, berbasis di Tokyo dan San Francisco. Di Goldman Sachs, Ming mengelola investasi di seluruh spektrum industri dan melayani sejajaran perusahaan teknologi dan media.

Saat ini Grab beroperasi di Singapore, Indonesia, Vietnam, Filipina, Thailand, dan Malaysia. Dari enam negara itu, berdasarkan data internal mereka per Juli 2016 terdapat lebih dari 350.000 mitra pengemudi yang tergabung dalam Grab secara keseluruhan. Sementara itu jumlah pengunduh aplikasi Grab mencapai 19 juta.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations