Instagram memiliki fitur baru untuk mencegah perundungan (bully) di dunia cyber. Fitur yang dimaksud adalah sebuah pilihan untuk menutup kolom komentar.

Tujuannya agar pengguna bisa menghindarkan diri dari komentar-komentar yang tidak menyenangkan. 

Hal menariknya, penutupan kolom komentar tersebut bukan diberlakukan secara spesifik per foto yang diunggah. Artinya, pengguna bisa membagi mana foto yang boleh dan tidak dikomentari. 

Selain itu ada juga fitur tambahan lain, yakni pilihan untuk menghapus followers dari akun pribadi (tertutup) dan ikon like untuk komentar pengguna lain.

Akan tetapi, saat ini belum semua pengguna bisa mengakses fitur tersebut. Fitur baru itu baru bisa diakses oleh akun-akun terpilih. 

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Kamis (8/12/2016), Instagram berencana untuk merilis fitur tersebut secara bertahap, sehingga dalam beberapa pekan mendatang seluruh pengguna sudah bisa memakainya

Sebagai pelengkap fitur baru, anak usaha Facebook ini juga membuat sebuah alat pelaporan anonim. Alat ini berguna untuk melaporkan pengguna yang terindikasi menyakiti dirinya sendiri.

“Jika Anda yakin bahwa orang yang Anda sayangi itu mungkin sedang berniat menyakiti diri sendiri, Anda bisa melaporkannya secara anonim. Kami akan menghubungkan teman Anda itu dengan organisasi yang bisa membantu,” tulis CEO Instagram Kevin Systrom, dalam sebuah blog.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations