Setiap orang tua mempunyai cara tersendiri dalam menerapkan pola asuh yang tepat. Pola asuh ini semata untuk memberikan yang terbaik untuk sang buah hati.

Tak ada sekolah khusus untuk menjadi orang tua. Melalui pengalaman orang tua menerapkan pola pengasuhan pada anak. Dengan kondisi masyarakat dan budaya berbeda, pola asuh pun berbeda. Beda negara, beda budaya, berbeda pula cara mengasuh.

Namun kesamaan universal dalam pengasuhan anak yaitu anak membutuhkan makan, minum, tidur, dan kasih sayang orang tua yang cukup. Di Indonesia, membiarkan anak usia TK bepergian sendiri mungkin terdengar kejam. Namun orang tua di Jepang membiasakan anak naik transportasi umum seperti kereta bawah tanah tanpa didampingi orang tua, bahkan sejak usia 4 tahun.

Tata cara menaiki kendaraan umum bahkan menjadi salah satu pelajaran di taman kanak-kanak. Untuk keamanan, anak pergi dan pulang sekolah secara berkelompok dengan anak-anak dari satu lingkungan tempat tinggal. Mereka juga selalu mengantongi kartu identitas, sehingga jika tersesat, mudah diantar pulang ke rumah. 

YOUR REACTION?

Facebook Conversations