JAKARTA, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (Humas) Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Ditjen Pajak Kemenkeu) Hestu Yoga Saksama mengakui terjadi kenaikan spektakuler keikutsertaan wajib pajak orang pribadi non-Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (WP OP non-UMKM) pada akhir termin pertama program tax amnesty.
Ditjen Pajak - Pengampunan Pajak

“Mengenai berapa pengusaha kakap (WP OP non UMKM) yang sudah masuk itu rahasia. Kami tidak ada target berapa pengusaha yang ikut. Yang pasti kami berharap sebanyak-banyaknya,” kata Hestu kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2016).

Hestu memaparkan, berdasarkan data Ditjen Pajak Kemenkeu per 25 September 2016 pukul 12.00 WIB, total uang tebusan yang masuk berdasarkan Surat Pernyataan Harta (SPH) yang disampaikan mencapai sebesar Rp 41,74 triliun.

Total tebusan tersebut terdiri dari WP OP non-UMKM sebesar Rp 36,53 triliun, WP badan non-UMKM sebesar Rp 3,76 triliun, WP OP UMKM sebesar Rp 1,4 triliun, dan WP badan UMKM sebesar 50,7 miliar.

Sejak dimulainya program pengampunan pajak (tax amnesty) Juli 2016, keturut-sertaan masyarakat pada program ini terbilang paling tinggi pada September, yang tak lain merupakan bulan terakhir periode tarif terendah.

Terbukti, sebanyak Rp 38,63 triliun uang tebusan masuk pada September (sampai tanggal 25) atau mencapai 92,54 persen dari total uang tebusan yang sebesar Rp 41,74 triliun.

Pada Agustus, uang tebusan yang masuk hanya Rp 3,02 triliun atau 7,23 persen. Sedangkan pada Juli hanya Rp 85,13 miliar atau 0,2 persen.

Lebih lanjut, dari tanggal 1 September hingga hari ini, tebusan masuk dari WP OP non-UMKM mencapai Rp 34,05 triliun atau mencapai 93,20 persen dari total tebusan WP OP non-UMKM yang sebesar Rp 36,53 triliun.

Pada Agustus lalu, tebusan yang masuk hanya 2,41 triliun, dan pada Juli sekitar Rp 70,21 miliar.

Informasi saja, sebulan terakhir tercatat sejumlah pengusaha dan WP kelas kakap mendeklarasikan hartanya di berbagai kantor pelayanan pajak.

Mulai dari Sofyan Wanandi, James Riady, Erick Thohir dan Garibaldi Thohir, Hutomo Mandala Putra, Murdaya Poo, hingga Hendropriyono.

Sejumlah WP besar lainnya juga telah menyatakan komitmennya seperti Johnny Darmawan serta Rosan P Roeslani, untuk menyusul rekannya meminta pengampunan pajak.

YOUR REACTION?

Facebook Conversations